Trik Membangung Link Alami 2013 Untuk SEO | OOM RIO

Thursday, March 28, 2013

Trik Membangung Link Alami 2013 Untuk SEO

Di 2012 kita udah ngeliat gimana dahsyatnya penguinnya om Google beraksi dalam membasmi link-link yang gak berkualitas gan. Bukan cuma situs ato blog yang ecek-ecek tapi juga yang TOP pun di babat habis. Ambil sisi positifnya aja, dengan adanya Google penguin maka persaingan para webmaster buat ada di posisi puncak pencarian Google semakin transparan. Siapa yang kreatif dia yang menang ya kan gan.



Di 2013 ini banyak para pakar SEO, bloger dan webmaster cari cara terbaik membangun link alami buat ningkatin rangking tentunya. Mungkin loe juga pasti punya cara sendiri buat membangun link gan. Sekarang gak ada lagi yang namanya cari backlink dari komen-komen spam di blog lain ato forum. Tukeran link sama blog yang gak relevan apalagi blog yang gak berkualitas.


Pada postingan kali ini, gw pengen share dari apa yang gw tau dan pelajari tentang cara membangun link alami gan. Silahkan lanjut baca kalo loe tertarik.

Cara Membangun Link Alami Di 2013 Untuk SEO

1. Sosial Media



Gunakan sosial media untuk mencari teman yang kira-kira bakal jadi pengunjung blog kalian gan. Pertama dari temen-temen deket kalian dulu, lalu orang-orang yang tertarik sama isi blogkalian, dan orang-orang yang jadi follower blog atau situs pesaing kalian.

Kalau sudah berteman tinggal sering-sering aja berkomunikasi dan share postingan-postingan kalian  yang menarik ke mereka. Membangun persahabatan dulu dan saya yakin hasilnya kalian akan bisa membangun link yang alami dari sosial media.

2. Penulis Tamu

Mungkin cara yang satu ini gak begitu populer buat pemula untuk membangun link. Ngapain nulis di blog orang lain kan kita udah punya blog sendiri pasti mikir gitu. Atau mungkin juga ngapaen ngurusin blog orang lain kan enak dia kita yang nulisin sedangkan ngurusin blog sendiri aja repot bener gak gan?.


Bener banget gan, jadi seorang penulis tamu itu gak gampang apalagi kalo kita aktif nulis di blog sendiri. Tapi manfaat yang kita dapet banyak di antaranya kalian bakal punya banyak temen, kalian jadi terkenal karena tampang sama nama kalian ada di blog orang lain, lalu kita juga bisa dapet backlink gratis dan juga bakal bisa menambah pengunjung blog kita gan.

Untuk jadi penulis tamu gw bakal kasi tipsnya ( buat pemula ) gan :
  • Cari blog yang relevan sama blog kalian tapi jangan sama persis. Kalian cari tau isi blognya, amati apa yang ada di blog tersebut kurang lebih setengah jamlah gan.
  • Buat pemula cari blog yang biasa aja tapi berkulitas dan bukan spam gan. Jangan langsung blog yang ngetop dan PRnya tinggi karena kalian butuh proses belajar buat jadi seorang penulis tamu. Menulislah di blog lain 1 bulan sekali dulu, semakin lama kalian bisa tingkatin intensitasnya gan.
  • Sering-sering komen di blog tersebut "tanpa ninggalin link", disini biar akrab sama yang punya blog. Jadi pas kalian mau nawarin diri jadi penulis tamu lebih gampang gan.
  • Jangan pernah copas postingan asli dari blog lkalian sendiri, karena bakal bikin duplikat konten dan bisa ngerusak rangking blog. Selain itu kalian juga bakal di anggep gak punya kapasitas.
  • Buat postingan yang berisi link ke postingan lain di blog tersebut gan.
  • Selalu pake image di postingan kalian, dan jangan lupa juga di optimasi. Dari alt tagnya sampe ukurannya. Kalo loe ngambil gambar dari situs laen inget di isi sumbernya.
  • Buat postingan yang berkualitas dan inget juga SEOnya jangan asal2an, kalo postingan loe ngetop kan ngefek juga ke blog loe.
  • Ikuti aturan main yang mereka pake buat penulis tamu.
  • Kalau postingan kalian sudah di publikasikan, pertamakalian share ke sosial media jadi teman-teman atau pengunjung blog kalian bisa tau. 
  • Selalu di cek postingan kalian, kalau ada komen disana usahakan kalian ikutan balas komennya. Biar pengunjung blog tersebut kenal sama kalian dan bukan gak mungkin mereka bakal follow blog kalian di sosial media.
  • Yang terakhir isi link ke homepage blog kalian di biodata penulis. Kalau punya lebih dari 1 blog isi aja lebih gan kalo dikasi sama yang punya blog. Sama isi link sosial media lkalian juga gan. Misal temukan saya di FB,Twitter,Google plus atau apalah terserah kalian.

3. Broken Links

Mungkin aneh ya buat kalian yang pemula gan, masak membangun link dengan broken link. Biasanya kita menghindari broken link ya kan gan. Lanjut aja baca nanti kalian pasti ngerti maksudnya gan. Dapet backlink dari broken link ini udah banyak banget dipake sama webmaster handal karena cara ini cepat, efektif dan alami gan.


Kayak gak punya kerjaan aja nyariin broken link ya gan. Saya jelasin sedikit gan apa yang dimaksud sama membangun link dengan broken link. Intinya kalian cari broken link di blog orang lain dan nyuruh yang punya blog ganti link tersebut sama link blog kalian gan.

Sebelum itu kalian butuh alat dan saya kasi cara yang gampang. Install add on link checker di browser firefox kalo pake chrome install check my links gan. Terus gimana cara nyari broken linknya? Gini gan saya kasi tau stepnya :

  • Pertama kalian cari blog yang relevan sama kalian, usahain cari blog yang ada PRnya, boleh juga yang PR 0 tapi rangking Alexanya lumayan. Pastiin bukan blog spam dan tidak  punya outband link yang terlalu banyak, misal lebih dari 100 link. Desain blognya juga diperhatiin sama apa blog tersebut masih aktif gan.
  • Cek blog tersebut ada blog rollnya ato link sahabatnya kagak, atau biar gampang kalian  langsung cari dari pencarian Google aja dengan cara ketik kayak gini intitle:kata kunci inurl:tukeran link. Tinggal diganti aja kata kuncinya gan, ntar bakal keluar hasil pencariannya blog yang punya page buat tukeran link gan dan sesuai sama kata kunci yang kalian  ketik. Inget kata kunci harus sesuai sama isi blog kalian.
  • Kalau udah ketemu tinggal dicek aja PRnya sama broken linknya. Kalau tidak mau ribet pake add on yang tadi udah kalian install gan.
  • Kalau broken linknya lebih dari 10 mendingkalian tinggalin blog itu dan cari blog yang lain ampe kalian menemukan blog yang broken linknya dibawah 10. Terus kalian catat alamat broken linknya dan dites juga apa emang bener broken gan.
  • Langkah selanjutnya,kalian cari tau siapa yang punya blog itu. Kan biasanya ada  profilnya atau tidak halaman kontaknya. Terus kalian kirim email ke webmasternya atau yang punya blog. Saya kasi contoh, tips dan triknya gan.

Hi ( Nama Pemilik Blognya )

Perkenalkan saya ( Nama Kalian )

Saya sangat senang membaca blog anda karena artikel-artikelnya sangat menarik.

Saya cuma mau menginformasikan kalau saya menemukan link yang rusak di blog anda. Ini tentu tidak baik buat blog dan pengunjung anda.

Kalau anda mau memperbaiki link tersebut saya cuma memberi saran buat menambahkan link dibawah ini juga karena sangat sesuai dengan isi blog anda.

1. ALAMAT WEBSITE YANG RELEVAN DAN PUNYA PR TINGGI. ( di isi deskripsinya )

2. INI ISI ALAMAT BLOG KALIAN GAN ( di isi deskripsinya )

Semoga email ini bisa membantu blog anda.

Saya tunggu balasan emailnya.

Terima Kasih


( Nama Kalian )


  • Tipsnya usahain kirim email sekali aja, terus buat alamat urlnya jangan pake alamat yang full atau hyperlink ntar email kalian bisa-bisa masuk ke spam pake teks biasa aja. Triknya kalian harus pake nama cewek karena kebanyakan webmaster atau blogger itu cowok bener kagak gan? Jadi dengan kalian pake nama cewek pasti bakal lebih tinggi tingkat keberhasilannya.
  • Sekarang kalian tinggal nunggu aja balesan emailnya gan dan berharap yang punya blog masang link blog kalian. Kalau gak berhasil jangan putus asa coba lagi gan di blog yang lainnya.

Tambahan aja gan, kalau blog atau situs kalian menawarkan produk atau jasa. Loe bisa membangun link dengan cara ngadain kontes yang berhadiah. Misal kontes buat artikel review produk lkalian dan isi syaratnya harus ada link ke blog kalian gan.


Sekian dulu yang bisa saya share semoga bermanfaat gan, kalo punya tips tentang SEO silahkan di share jangan malu-malu. Saya cuma mau ngingetin aja jangan lupa berkomentar gan.



Judul: Trik Membangung Link Alami 2013 Untuk SEO; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Blogger Tutorial | SEO | Free Blogger Templates | OOM RIO.com di inbox anda:


5 comments:

Rifky said...

Keren artikel nya... :))

Unknown said...

Thanks gan (h)

Muhammad Fernanda Raihan Fadlika said...

Sulit juga agar punya link SEO

Applause (h)

Unknown said...

memang sulit gan tpi kalau kita berusaha pasti bisa dehh :)

Unknown said...

blogwalking

http://anchumrt.blogspot.com

Post a Comment

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).